What is a PR??

Standard

“PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian”

(Frank Jefkins)

Banyak orang masih menyamakan PR dengan Marketing, namun jika kita melihat dari definisi PR yang diuraikan oleh Frank Jefkins, PR jelas berbeda dengan Marketing.

Fungsi Public Relation

  • Menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi
  • Menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dan perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada perusahaan
  • Melayani Publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan umum perusahaan untuk kepentingan umum
  • Membina Hubungan secara harmonis antara perusahaan dengan publik, baik internal ataupun eksternal

 

Proses Kerja Public Relations

Untuk mencapai keberhasilan dalam menyampaikan informasi terhadap Public, menurut Cutlip, Center and Broom, PR profesional haruslah melalui 4 tahapan berikut ini:

  • Defining the problem
  • Planning & Programing
  • Taking Action and communicating
  • Evaluating the program

seorang PR harus dapat mendefinisikan permasalahan, agar bisa segera dicari akar permasalahan dan solusinya. Lalu membuat dan memprogram rencana, melakukan aksi dan komunikasi dan mengevaluasi apa yang sudah ia lakukan, Positif dan negatifnya, agar PR bisa lebih baik lagi ke depannya.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s